Rabu, 14 Maret 2012

Pemerintah Indonesia Relokasi WNI dari Sendai ke Tokyo

Pemerintah Indonesia Relokasi WNI dari Sendai ke Tokyo Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia sedang melakukan relokasi kepada 121 Warga Negara Indonesia yang berada di lokasi gempa utama Kota Sendai, Jepang. Warga Indonesia tersebut sudah berhasil diidentifikasi oleh tim Kedutaan Besar Republik Indonesia Tokyo dan berada di enam penampungan di Kota Sendai dan sekitarnya. Mereka akan direlokasi dari Sendai menuju kota Tokyo.

"Yang sekarang dilakukan KBRI setelah diidentifikasi kita masuki fase relokasi, 121 WNI akan dipindahkan dari Sendai ke Tokyo," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Minggu (13/3/2011).

Marty mengatakan perjalanan darat dari Tokyo menuju Sendai yang sebelumnya memakan waktu 4 jam namun akibat gempa membutuhkan waktu 18 jam dengan menggunakan bis.

Menurut Marty, KBRI Tokyo dinilai cepat dalam mengirimkan tim menuju Sendai. Hal itulah yang membuat negara Asean dan lainnya bergabung bersama tim KBRI agar dapat melindungi warga negaranya. " Yang kita lakukan sekarang di Jepang bukan saja terhadap perlindungan WNI bahkan sesuai semangat Asean yang berjanji untuk memberi bantuan. Indonesia juga tampil sebagai memfasilitasi dan bekerja sama," katanya.

Bila rencana relokasi seperti yang diharapkan, maka ke 121 WNI itu akan tiba di Tokyo pada Senin (14/3/2011) sore dan akan ditampung di Sekolah Indonesia di Tokyo. "Kami telah memperoleh intruksi dari presiden bahwa kepada 121 WNI dan lainnya yang memerlukan bantuan bisa segera dimulai proses evakuasi ke tanah air," tuturnya.

Marty menambahkan evakuasi dari Tokyo menuju Indonesia dijadwalkan pada Selasa (15/3/2011) dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Hingga Minggu sore, diperkirakan terdapat sekitar 2000 korban tewas dalam gempa berkekuatan 8,9 SR yang disusul tsunami di Jepang. Hingga kini belum dilaporkan ada WNI yang menjadi korban bencana alam di Jepang. Jumlah WNI sendiri yang berada di Jepang berjumalh sekitar 24.000 orang.


View the original article here



www.pediailmu.blogspot.com